Rabu, 26 Desember 2012

Kecamatan Jagakarsa

Jagakarsa adalah kecamatan Jakarta Selatan, salah satu kota administrasi di Jakarta Indonesia. Jagakarsa adalah kecamatan paling selatan Jakarta Selatan (yang Southermost kecamatan Jakarta milik Ciracas Kecamatan di Jakarta Timur.) Jagakarsa berisi bagian utara kompleks Universitas Indonesia. Jagakarsa mengandung kampung banyak kelompok etnis Betawi, beberapa di antaranya terkenal ensemble rebana mereka. Jagakarsa Kecamatan dibatasi oleh Sungai Ciliwung ke Sungai, timur Krukut ke barat, Margasatwa-Sagu-Joe-TBSimatupang-Poltangan Jalan ke utara, batas tanda dengan Depok ke selatan.

Bogor-Jakarta kereta api melewati Jagakarsa Kecamatan.

Sebagai salah satu kecamatan selatan Jakarta, Jagakarsa memiliki ketinggian yang relatif lebih tinggi (rata-rata 52 meter di atas permukaan laut) dan iklim yang lebih dingin dari sisa Jakarta (rata-rata 25-27 derajat Celcius). Jagakarsa telah alloted untuk penggunaan air waduk, sehingga jejak rendah untuk bangunan di Jagakarsa dan jumlah tinggi area hijau. Danau Babakan dan Danau Mangga Bolong merupakan penampungan air terbesar di Jagakarsa., Juga berfungsi sebagai tempat rekreasi. Danau Babakan terutama dikenal karena orang Betawi nya, yang menggunakan tepi danau untuk ikan-pertanian.

Suatu bentuk kebudayaan Betawi berkembang di Jagakarsa, seperti Tanjidor, Tari Topeng, Wayang kulit, ansambel Gambus, dan Gambang Kromong. Rebana Qasidah ensemble dapat ditemukan di Kelurahan Jagakarsa dari, Lenteng Agung, dan Tanjung Barat.

The Kecamatan Jagakarsa dibagi menjadi enam desa kelurahan atau administratif:
  •      Tanjung Barat - kode area 12530
  •      Lenteng Agung - kode area 12610
  •      Jagakarsa - kode area 12620
  •      Ciganjur - kode area 12.630
  •      Srengseng Sawah - kode area 12640
  •      Cipedak - kode area 12.630 (dipisahkan dari Desa Ciganjur Administrasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar